Blog Archive

Friday, May 15, 2015

Advice,advise,alright,all right,altar,alter,anyone,any one, affect,effect ( confusing words )

Belajar bahasa Inggris itu ibarat belajar bahasa Indonesia, gak beda jauh, antar kata (vocabulary) maupun fungsinya (word function), yang membedakan hanyalah struktur katanya (word order), untuk memahami bahasa inggris ataupun bahasa indonesia, tekhniknya selalu sama yaitu mengerti apa itu kata kerja (verb), kata benda (noun), kata sifat (adj) ataupun kata keterangan (adverb). jadi saran saya, bila melihat arti dari suatu kata di kamus, kita perlu juga memperhatikan keterangan itu (verb, noun, adj, atau adverb), dengan begitu kita akan mudah membuat kalimat.  namun pengelompokan kata kata tersebut akan kita bahas nanti, hari ini kita akan membahas kata yang sedikit membingungkan dalam bahasa inggris, sebenernya gak membingungkan juga sih, kalo kita tau kelompok kata kata itu, kita mulai ya......
  • Advise dan Advice
Nah, dua kata ini berbeda kelompok, jadi gak bisa disamakan posisinya.Advise adalah kata kerja (Verb) sedangkan advice adalah kata benda (noun). dalam artian Advise adalah kegiatan melakukan aktivitas. nih, contohnya dalam kalimat.

1. Some people advise me to learn about SEO in order to make my blog getting better.
   ( Beberapa orang menyarankanku untuk belajar SEO agar blog ku semakin baik )
2. He always gives me a lot of advices about what I should do with my blog.
   ( Dia selalu memberiku banyak saran tentang apa yang seharusnya kulakukan dengan blog aku )
  •   alright dan all right
kedua kata ini juga cukup memusingkan, dimana kalo kita lihat sekilas tak nampak perbedaan yang signifikan dari kedua kata ini, perbedaan dari kedua kata ini terletak dari kandungan maknanya. kata alright mempunyai arti "okay, fine" sedangkan kata "all right" adalah sebuah phrase yang mempunyai makna "semua baik baik saja". kita ambil contoh dalam kalimat.

1. is all right here? semua baik baik saja disini?
2. we are all alright mom. kami baik baik saja disini, ma
  • Altar dan alter
Hanya berbeda satu huruf "a" dan "e" namun, jauh sekali perbedaan maknanya. Altar adalah kata benda (noun) yaitu meja tinggi yang digunakan untuk berpidato. sedangkan alter adalah kata kerja (verb) yang mempunyai arti "mengubah" atau "to change". berikut ini contoh kalimat yang menyertai kedua kata tersebut:

1. The altar which president used to do speech, is decorated by someone whom I know.
   ( altar yang digunakan oleh presiden untuk berpidato, di tata oleh orang yang aku kenal )
2. Please don't alter anything that altar, it is just perfect.
   ( Jangan merubah apapun meja itu, itu sudah sempurna )
  • any one dan anyone
kedua kalimat ini juga menarik untuk disimak, hanya berbeda bayaknya kata, anyone mempunyai satu kata, sedangkan any one mempunyai 2 kata, perbedaan juga terlihat dari susanan kata tersebut. kata any one, mempuyai arti hanya satu orang sedangkan kata anyone mempunyai arti seseorang, kita gunakan contoh kalimat supaya memperjelas perbedaan kata ini.

1. You can ask about this to any single one of them, that I never lie to you.
    ( kamu dapat bertanya pada salah satu dari mereka (siapapu) bahwa aku tak pernah berbohong padamu)
2. Is there anyone else at your home?
    ( apakah ada orang lain lagi di rumahmu?)
  • affect dan effect
yang terakhir yang akan kita bahas adalah perbedaan kedua kata affect dan effect. kata affect adalah kata kerja ( verb ), yang artinya mempunyai subject yang menyebabkan terjadianya suatu hasil, sedangkan kata effect adalah hasil dari suatu aktifitas. kita bandingkan dengan kalimat ya....

1. The president's speech affected his audience of the upcoming election"
    ( Pidato presiden mempengaruhi pendengarnya tentang pemilihan yang akan datang )
2. The war effected some suffering all over the world.
    ( Perang menyebabkan penderitaan di seluruh dunia )

sampai sini dulu kita belajar tentang confusing words ini, jangan dibuat pusing belajar bahasa inggris tuh, perhatikan saja bagaimana pola kalimatnya, dan simpulkan lalu buat kalimat seperti contoh, tak ada yang sulit selama kita menganggap bahwa belajar bahasa inggris itu mudah. English is easy, isn't it???

0 komentar

Post a Comment