Blog Archive

Wednesday, April 22, 2015

10 Peribahasa Bahasa Inggris (Bagian 1)

Mempelajari bahasa asing atau bahasa inggris dapat kita lakukan dengan mempelajari ekspresi-ekspresi yang akan membuat kalimat atau tulisan kita menjadi lebih hidup, dan rangkaian kalimat kita akan menjadi seperti seorang native speaker, Ekspresi yang saya maksud disini beragam bentuknya, namun kali ini saya hanya akan mengangkat satu ekspresi tersebut, yaitu peribahasa atau  proverb.

Sebenarnya apa sih peribahasa atau proverb itu? Peribahasa adalah kumpulan kata kata bijak yang mengandung saran yang diturunkankan oleh orang tua terdahulu, tentang bagaimana kita menjalani kehidupan. Or in English proverb is collection of wise words that offer good advice which usually our ancestor say about how to live our life.

Dibawah ini adalah peribahasa penting yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari- hari baik dalam percakapan ataupun secara tulisan.

1.     “Better late than never”
Peribahasa atau pepatah ini sangat sering kita dengar dan tidak asing lagi ditelinga kita, proverb ini mengandung arti, baik bila kita melakukan sesuatu tepat waktu, namun jika kita tidak melakukan tepat waktu, maka terlambat itu kebih baik daripada tidak sama sekali.

2.     “A picture is worth a thousand words.”
Kadangkala kita tidak dapat mengatakan  dengan jelas apa yang kita ingin sampaikan, itulah mengapa memperlihatkan gambar atau foto lebih dapat menggambarkan apa yang ingin kita sampaikan.

3.     “There’s no such things as a free lunch”
Tak ada yang gratis didunia ini bung…. Hahahha, proverb ini sangat tepat untuk keadaan zaman sekarang ini, dimana kita tak akan mendapatkan sesuatu tanpa membayar. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang ditawarkan gratis pasti menpunyai maksud tersembunyi.

4.     “The early bird catches the worm”
Nah… proverb ini cocok untuk mereka yang sering bangun siang…. Malas banun pagi, karena proverb ini mengandung arti “jika ingin sukses, maka sebaiknya kau bangun pagi” atau dalam peribahasa Indonesia “ bangun pagi biar rezeki tak dipatok ayam”

5.     “No man is an island”
Proverb ini cocok untuk mengatakan bahwa kita tak dapat hidup sendirian didunia ini, pasti kita akan membutuhkan oranglain, karena kita adalah makhluk yang memerlukan sosialisasi.

6.     “People who live in glass house shouldn’t throw stones”
Jangan mengkritik orang lain jika kamu sendiri bukanlah orang yang sempurna, kira kira itulah arti dari proverb yang satu ini.

7.     “Birds of a feather flock together”
Orang orang yang mempunyai sifat yang sama, biasanya akan berkumpul bersama, orang pintar akan berkumpul dengan orang pintar, mahasiswa yang popular akan berkumpul bersama dengan mereka yang popular juga, bahkan nerd (kutu buku) akan mencari perkumpulan yang sama sama kutu buku.

8.     “God helps those who help themselves”
Tuhan menolong siapa saja yang berusaha menolong dirinya sendiri, artinya janganlah mengharapkan pertolongan dari tuhan tanpa kita berusaha, berusaha dan bekerja keras untuk meraih tujuanmu.

9.     “Don’t bite the hand that feeds you”
Ini terutama ditujukan kepada mereka yang tak tau berterima kasih, jika kita bekerja kepada seseorang, atau ada orang yang membantu kita, sebaiknya kita tidak menjelek-jelekan mereka di belakang.

10.                        “Don’t put your eggs in one basket”
Janganlah meletakan uangmu dalam satu investasi, jangan mengambil resiko financial dengan hanya menempatkan uang di satu tempat, karena jika uang itu hilang, maka hilanglah seluruh kekayaan anda.

Itulah ke-10 proverb bagian 1 yang dapat saya kumpulkan, masih banyak proverb lain yang dapat kita pelajari untuk meng ekspresikan maksud kita dalam percakapan bahasa inggris. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi mereka yang sedang belajar bahasa inggris.
Cherrio.