Blog Archive

Tuesday, May 12, 2015

Tips Cara Belajar Secara Online

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa penemuan komputer dan internet adalah penemuan yang sangat bermanfaat bagi umat manusia (khususnya saya....:) banyak yang dapat kita lakukan dengan menggunakan media internet ini, mulai dari mencari teman, pacar, jodoh, memperbanyak koneksi dan relasi, mempromosikan produk yang kita jual, dari sekian banyaknya manfaat internet, saya akan memberi gambaran tentang penggunaan internet sebagai media belajar, karena itulah yang saya lakukan sampai saat ini saat mengakses internet, yaitu belajar dan mencari teman. 

Belajar dari media Internet itu gratis...ti..tis... namun tidak 100% gratis deh, karena kita harus terkoneksi dengan internet yang memerlukan pembelian kuota, namun seberapalah besarnya pembelian kuota kita, bila dibanding dengan manfaat dan dan ilmu yang akan kita dapatkan, coba bandingkan bila kita harus mengeluarkan biaya untuk kursus?? tentu akan jauh berbeda biaya yang kita keluarkan.
Agar dapat memaksimalkan pembelajaran kita di internet, kita dapat melakukan beberapa hal dibawah ini :

1. Carilah komunitas yang sesuai dengan topik yang ingin kita pelajari
Banyak sekali komunitas - komunitas yang muncul di dunia maya, komunitas belajar make up, komunitas blogger, komunitas adsence, komunitas batu akik, ada juga komunitas belajar bahasa Inggris yang saya ikuti di google plus.
Biasanya orang yang mengikuti suatu komunitas itu adalah orang yang mempunyai kesamaan ketertarikan dalam suatu hal, kita dapat berdiskusi, up to date informasi, tukar pengalaman, dan mendapatkan tips tips yang berguna bila kita masuk dalam suatu komunitas, karena topik yang dibicarakan tak akan jauh dari topik yang sedang kita pelajari.

2. Beli buku panduan atau baca blog yang relevan dengan topik.
Untuk mempercepat proses pembelajaran kita secara online, kita dapat membeli buku panduan sesuai dengan topik yang sedang kita pelajari, apakah itu bahasa Inggris, komputer, photography, puisi atau apapun itu, namun bila anda adalah seorang yang sayang uang seperti saya (hahaah...) kita dapat mengesampingkan dahulu pembelian buku ini, dan kita ganti dengan membaca secara online, atau bisa juga mem-download materi yang ingin kita pelajari.

3. Berkenalan dengan para anggota dan admin.
Ini adalah cara yang paling ampuh dalam belajar online, anggaplah komunitas itu adalah sebuah kelas dan moderator adalah pengawasnya, perhatikan apa saja pertanyaan dari anggota lain dan jawaban dari anggota lainnya atau dari moderator. Biasanya moderator akan menjelaskan dan memberikan trik dan tips yang dapat kita gunakan dalam belajar on-line.

4. Bertanya
Belajar on-line itu ibarat kita belajar mandiri, kita tidak dapat menggantungkan seorang anggota komunitas, ataupun moderator untuk menyuguhkan materi seperti yang kita harapkan bila kita mengambil kursus, satu yang bisa kita lakukan adalah "BE ACTIVE", jangan malu bertanya, jangan malu dianggap bodoh oleh orang lain karena kita bertanya terus, karena curiousity atau keingintahuan adalah modal yang kuat agar kita dapat belajar secara on-line.cukup satu hari satu pertanyaan yang mudah dijawab oleh member lainnya.

5. Konsisten
Ini yang masih belum bisa dilakukan oleh sebagian dari kita dalam belajar on-line. Apapun yang tidak dilakukan secara konsisten, tidak akan memberikan hasil yang signifikan. Luangkan waktu sehari mungkin hanya sejam untuk masuk ke"kelas" kita, dan membaca komentar - komentar anggota lain, bila tidak mengerti, ya tanya lagi... hahhaa

6. Perhatikan istilah - istilah baru
Ini sangat berguna bagi anda dan saya bila ingin mempelajari topik yang sama sekali baru dan belum pernah belajar, kata atau istilah ini akan membantu kita mengerti keseluruhan konteks yang sedang kita pelajari, kalo perlu catat di buku dan cari tau apa artinya, itu yang saya lakukan bila menemukan istilah baru dari topik yang sedang saya pelajari.

Begitulah yang bisa kita jadikan patokan bila kita ingin belajar on-line seperti saya ini, karena mendapatkan ilmu itu sulit dan mahal. Intinya jangan malu dianggap bodoh oleh orang lain, karena tak ada seorangpun yang mengerti diri kita, melainkan kita sendiri, dan kita yang mengerti apa yang ingin kita pelajari dan bagaimana cara kita belajar, dan bila kita sudah mendapatkan ilmu itu, alangkah baiknya jika kita menyebarkan ilmu itu juga kepada orang lain.

Semangat Belajar ya......

0 komentar

Post a Comment