Blog Archive

Friday, May 22, 2015

Cara Mendidik Anak Hiperaktif



Anak adalah anugerah yang paling berharga yang diberikan oleh Allah swt kepada kita, dan kewajiban kita lah mendidik dan mengajarkan apa yang benar dan apa yang salah kepada mereka, setiap anak mempunyai kepribadian yang berbeda antara satu dengan lainnya, setiap anak mempunyai kepribadian yang unik, ini yang saya dapat simpulkan dari banyaknya anak murid yang saya tangani, tak sedikit saya harus menghadapi anak anak yang berkebutuhan khusus, salah satunya adalah anak hiperaktif.

Menangani anak anak hiperaktif ini sebenarnya susah susah gampang, karena mereka mempunyai tenaga extra dibanding anak anak lainnya, yang apabila kita dapat mempergunakan tenaga tersebut dengan maksimal, maka kita dapat memasuki dunia bermain mereka, dan itulah yang saya lakukan bila mendapat anak-anak hiperaktif ini. 

Beberapa tanda tanda anak hiperaktif adalah :

  • Sulit bila diminta untuk duduk dalam waktu yang lama.

  • Sulit berkonsentrasi, dan bila diajak berbicara tidak dapat melihat mata kita dalam waktu yang lama

  • Mudah hapal dan mudah lupa dengan ucapan kita.

Penanganan anak hiperaktif ini sangat berbeda dengan anak normal lainnya, jadi jangan pernah menyamakan perlakuan kita terhadap anak yang berkelakuan normal, dengan anak yang berkebutuhan khusus, biasanya anak hiperaktif tidak mempunyai aturan yang jelas, semaunya sendiri, namun segai guru kita tidak boleh menganggap bahwa anak hiperaktif adalah anak yang “buas” atau melabeli anak anak ini dengan label “nakal”,maka dari itu kita wajib memberikan aturan yang jelas kepada anak berkebutuhan khusus ini
  • Beri aturan yang jelas.
Ini penting untuk memperkenalkan anak anak hiperaktif ini tentang aturan, karena dengan aturan yang kita buat dapat mengarahkan keaktifan mereka dengan benar. Biasanya saya akan meminta mereka untuk mengulangi kalimat yang akan membuat mereka mengingat rule ini, misalnya “ No speaking, No running, No walking” dan itu setiap pertemuan harus dilakukan untuk mengucapkan kalimat “petuah” tersebut, dan bila dia terlihat akan memulai aksinya, kita dapat bertanya padanya “What is our rule, Ochen?”, dan biarkan dia mengucapkan kalimat itu lagi. Semakin sering, dia mengucapkan kalimat itu, semakin “petuah” itu akan melekat didalam memorinya.

  • Praise and punishment
Ini wajib kita berikan kepada anak anak didik kita, berikan hadiah atau pujian bila berbuat baik, dan berikan hukuman bila tidak mematuhi aturan yang kita buat. Janngan mentolerir apapun yang melanggar untuk anak anak hiperaktif ini, karena kita wajib bersikap tegas untuk menyadarkan mereka atas batasan batasan dalam bertingkah laku.

  • Lakukan kegiatan yang sama dan berulang dalam setiap pertemuan
Kegiatan yang berulang akan membantu mereka menemukan pola, dan disiplin, dank arena mereka biasanyatidak mempunyai aturan dalam diri mereka, kegiatan rutinitas ini dapat membentuk karakter dan kepribadian mereka.

Okay… sekian dulu yang dapat aku tulis dalam tulisanku kali ini, semoga berguna untuk kita dalam menghadapi anak anak yang hiperaktif, INGAT…. Tidak ada anak yang bodoh, buas, dan nakal bila kita mampu mengenali kepribadian anak didik kita, tugas kitalah mengarahkan anak anak ini dengan segala keistimewaan mereka….

Have a nice day

0 komentar

Post a Comment