Anak
adalah anugerah yang paling berharga yang diberikan oleh Allah swt kepada kita,
dan kewajiban kita lah mendidik dan mengajarkan apa yang benar dan apa yang
salah kepada mereka, setiap anak mempunyai kepribadian yang berbeda antara satu
dengan lainnya, setiap anak mempunyai kepribadian yang unik, ini yang saya
dapat simpulkan dari banyaknya anak murid yang saya tangani, tak sedikit saya
harus menghadapi anak anak yang berkebutuhan
khusus, salah satunya adalah anak hiperaktif.
Menangani anak anak
hiperaktif ini sebenarnya susah susah gampang, karena mereka mempunyai tenaga extra
dibanding anak anak lainnya, yang apabila kita dapat mempergunakan tenaga
tersebut dengan maksimal, maka kita dapat memasuki dunia bermain mereka, dan
itulah yang saya lakukan bila mendapat anak-anak hiperaktif ini.
Beberapa tanda tanda
anak hiperaktif adalah :
- Sulit bila diminta untuk duduk dalam waktu yang lama.
- Sulit berkonsentrasi, dan bila diajak berbicara tidak dapat melihat mata kita dalam waktu yang lama
- Mudah hapal dan mudah lupa dengan ucapan kita.
Penanganan anak
hiperaktif ini sangat berbeda dengan anak normal lainnya, jadi jangan pernah
menyamakan perlakuan kita terhadap anak yang berkelakuan normal, dengan anak
yang berkebutuhan khusus, biasanya anak hiperaktif tidak mempunyai aturan yang
jelas, semaunya sendiri, namun segai guru kita tidak boleh menganggap bahwa
anak hiperaktif adalah anak yang “buas” atau melabeli anak anak ini dengan label
“nakal”,maka dari itu kita wajib memberikan aturan yang jelas kepada anak
berkebutuhan khusus ini
- Beri aturan yang jelas.
Ini
penting untuk memperkenalkan anak anak hiperaktif ini tentang aturan, karena
dengan aturan yang kita buat dapat mengarahkan keaktifan mereka dengan benar.
Biasanya saya akan meminta mereka untuk mengulangi kalimat yang akan membuat mereka
mengingat rule ini, misalnya “ No speaking, No running, No walking” dan itu
setiap pertemuan harus dilakukan untuk mengucapkan kalimat “petuah” tersebut,
dan bila dia terlihat akan memulai aksinya, kita dapat bertanya padanya “What
is our rule, Ochen?”, dan biarkan dia mengucapkan kalimat itu lagi. Semakin sering,
dia mengucapkan kalimat itu, semakin “petuah” itu akan melekat didalam
memorinya.
- Praise and punishment
Ini
wajib kita berikan kepada anak anak didik kita, berikan hadiah atau pujian bila
berbuat baik, dan berikan hukuman bila tidak mematuhi aturan yang kita buat. Janngan
mentolerir apapun yang melanggar untuk anak anak hiperaktif ini, karena kita
wajib bersikap tegas untuk menyadarkan mereka atas batasan batasan dalam
bertingkah laku.
- Lakukan kegiatan yang sama dan berulang dalam setiap pertemuan
Kegiatan
yang berulang akan membantu mereka menemukan pola, dan disiplin, dank arena mereka
biasanyatidak mempunyai aturan dalam diri mereka, kegiatan rutinitas ini dapat
membentuk karakter dan kepribadian mereka.
Okay… sekian dulu yang
dapat aku tulis dalam tulisanku kali ini, semoga berguna untuk kita dalam menghadapi anak anak yang hiperaktif,
INGAT…. Tidak ada anak yang bodoh, buas, dan nakal bila kita mampu mengenali
kepribadian anak didik kita, tugas kitalah mengarahkan anak anak ini dengan
segala keistimewaan mereka….
Have a nice day
0 komentar
Post a Comment