Blog Archive

Sunday, March 22, 2015

Belajar "TO BE"

Sebenernya apa sih "to be" itu??. Pertanyaan ini sering diajukan diajukan oleh banyak muridku di kelas,baik yang baru belajar mnaupun yang telah mempelajari bahasa inggris masih kesulitan untuk mempergunakan "tobe" ini.katakanlah, dalam suatu kalimat itu tidak boleh tidak memiliki kata kerja.

sebenarnya apa sih "to be" itu??? "to be" dapat diartikan sebagai kata kerja (verb), dan kata bantu (aux), tergantung dari kalimatnya. Dan sebagai layaknya kata kerja, "to be" juga mengalami perubahan bentuk.

1. Pada kalimat present (kejadian yang terjadi saat ini), to be yang digunakan adalah "is,am,are"
contoh :
  • This is my house. ( ini adalah rumahku)
  • They are my friends ( mereka adalah teman-temanku)
  • I am an English teacher. ( saya adalah seorang guru bahasa inggris )
  • My  name is Putri. ( Nama saya adalah Putri )
Pada kalimat diatas "to be" berfungsi sebagai kata kerja.Nah.... bagaimana fungsi "to be" sebagai kata bantu (aux)??, Perhatikan contoh berikut ini :
  • I am writing letter now ( saya sedang menulis surat sekarang )
  • She is cooking in the kitchen at the moment.( Dia sedang memasak di dapur saat ini )
  • They are playing football in the field. ( Mereka sedang bermain bola di lapangan )
kalimat diatas adalah contoh "to be" yang berfungsi sebagai kata bantu (aux), mengapa dikatakan sebagai aux?? karena pada kalimat diatas sudah mempunyai kata kerja yaitu "writing, cooking dan playing"

2. Pada kalimat Past Tense ( kejadian yang sudah lampau ), to be yang digunakan adalah "was dan were"
Dengan pola yang sama dengan present, maka "to be" ini juga berfungsi sebagai kata kerja dan kata bantu.
contoh sebagai kata kerja:
  • She was my teacher ( Dia dulu adalah guruku)
  • I was a student 5 years ago ( saya adalah murid 5 tahub yang lalu)
  • They were best friend  ( Mereka dulunya teman baik)
dan dibawah adalah contoh "to be" past sebagai kata bantu (aux)
  • You were sleeping when I came ( kamu sedang tidur ketika saya datang)
  • She was reading book when I called her ( Dia sedang membaca buku ketika saya menelponnya)
  • They were watching TV when their father asked them to study. ( Meraka sedang menonton TV ketika ayah mereka meminta meraka belajar)
3. Pada kalimat perfect tense, "to be" yang digunakan adalah "been"
Contoh sebagai kata kerja :
  • I have been to Singapore. ( saya pernah berada di Singapur)
  • She has been a secretary ( Dia pernah menjadi sekertaris)
  • They have been there for several times ( saya pernah kesana beberapa kali )
Contoh sebagai kata bantu (aux) :
  • She has been working as teacher for 7 years. ( Dia sudah bekerja sebagai guru selama 7 tahun)
  • They have been studying English since 5 years ago ( Mereka telah belajar bahasa inggris sejak 5 tahun yang lalu)
  • I have been singing since I was a child ( Saya sudah bernyanyi sejak saya masih anak anak)
Sekian penjelasan saya tentang "to be", semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar bahasa inggris.

2 komentar

Claresta April 23, 2015 at 12:56 AM

Thanks sist, this articles are very useful for me as your student. I want to ask one thing about this sentence:

They have been there for several times ( saya pernah kesana beberapa kali )

Why isn't like this? :

They has been there for several times ( saya pernah kesana beberapa kali )

Thanks for your explanation :)


Unknown April 23, 2015 at 4:25 AM

OMG... sorry, sis indri it was "typo" hahha, the sentence should be this way :

1. They have "been" to Bali for several times
( mereka sudah pernah berada di Bali beberapa kali )

2. she has "been" married since 2000
(Dia telah menikah sejak tahun 2000)

Penggunaan "been" diterapkan bial dalam kalimat perfect tense, "tidak memiliki kata kerja"

Kedua kalimat diatas itu tidak ada kata kerjanya, jadi di gunakan "been" supaya ada kata kerja nya.

Post a Comment